Dalil Tabarruk Yang Terang Seperti Cahaya Matahari

Oleh : M Ma’ruf Khozin
Ketua LBM NU Sby
Fatwa haram, bid’ah bahkan syirik dalam masalah mencariberkah (tabarruk, ngalap berkah) kembali ramai didengungkan oleh mereka yangmengaku paling sehat dari penyakit TBC (Takhayyul, Bid’ah dan Churafat) ketikamakam Gus Dur ramai diziarahi, bahkan ada beberapa peziarah yang mengambiltanah di area makam tersebut. Sebagaimana yang disebarkan oleh Ust Hartono Jaisdan kawan-kawannya yang sebenarnya tidak memiliki kapasitas dalam masalah ini,dan hanya bertaklid buta kepada Syaikh Bin Baz, Syaikh Utsaimin, Syaikh Albanidan sebagainya.
Ulama-ulama mereka dengan membabi-buta menvonis syirikkepada semua bentuk tabarruk, dengan tanpa sedikitpun mendudukkan maknatabarruk secara proporsional maupun mengungkap dalil dan argument tabarruk yangsudah dilakukan sejak Rasulullah Saw masih hidup.

Makna Berkah dan Mencari Berkah
al-Barakat dan derivasinya memiliki makna ‘bertambah’ dan‘berkembang’. Sedangkan ‘Tabarruk’ adalah
والتبرّك:هو طلب البركة، وهي النماء أو السعادة. والتبرّك بالشيء: طلب البركة عن طريقه. قال ابن منظور: تبرّكت به:أي تيمّنت به) لسان العرب: 13/408(
“mencari berkah terhadap sesuatu, mencari tambahan denganmetodenya” (Ibnu Mandzur, Lisan al-‘Arab 13/408)

al-Quran Tak Menafikan Berkah
Di dalam al-Quran banyak disebutkan kalimat ‘berkat’dengan berbagai macam kalimat bentukannya. Ini menunjukkan bahwa ada banyaksosok maupun tempat yang diberkahi oleh Allah. diantaranya:
وجعلنيمباركا أين ما كنت وأوصاني بالصلاة والزكاة ما دمت حيا
“Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di manasaja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan(menunaikan) zakat selama aku hidup” (Maryam: 31)
وباركناعليه وعلى إسحاق ومن ذريتهما محسن وظالم لنفسه مبين
“Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ibrahim) dan atasIshak” (ash-Shaffaat: 113)
رحمتالله وبركاته عليكم أهل البيت إنه حميد مجيد
“(Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkanatas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah"(Huud: 73)
  • Sementara tempat-tempat yang diberkati diantaranya:
إنأول بيت وضع للناس للذي ببكة مباركا وهدى للعالمين
“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempatberibadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi danmenjadi petunjuk bagi semua manusia” (Ali Imraan: 96)
سبحانالذي أسرى بعبده ليلا من المسجد الحرام إلى المسجد الأقصى الذي باركنا حوله لنريهمن آياتنا إنه هو السميع البصير
“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nyapada suatu malam dari Al Masjidil haram ke Al Masjidil aksa yang telah Kamiberkahi sekelilingnya…” (al-Israa’: 1)
ونجيناهولوطا إلى الأرض التي باركنا فيها للعالمين
“Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Lut ke sebuah negeri(Palestina) yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia” (al-Anbiyaa’:71)
وجعلنابينهم وبين القرى التي باركنا فيها قرى ظاهرة
“Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri(Yaman) yang Kami limpahkan berkat kepadanya, …” (Saba’: 18)
  • Bahkan, benda-benda ciptaan Allah juga dianugerahi keberkahan oleh Allah:
كأنهاكوكب دري يوقد من شجرة مباركة زيتونة
“…. kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) sepertimutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya…”(an-Nuur: 35)
فلماأتاها نودي من شاطئ الوادي الأيمن في البقعة المباركة من الشجرة
“Maka tatkala Musa sampai ke (tempat) api itu, diserulahdia dari (arah) pinggir lembah yang diberkahi, dari sebatang pohon kayu….”(al-Qashash: 30)
ونزلنامن السماء ماء مباركا
“Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya(berkah)….” (Qaaf: 9)
إناأنزلناه في ليلة مباركة
“sesungguhnya Kami menurunkannya (al-Quran) pada suatumalam yang diberkahi…” (ad-Dukhaan: 3)

Mencari Berkah Telah Dilakukan SejakMasa Nabi Terdahulu
Tepatnya adalah Nabi Ya’qub As ketika ditimpa penyakittak bisa melihat lantaran lama berpisah dengan putranya, Nabi Yusuf. Untukmengobatinya ternyata Nabi Ya’qub maupun Nabi Yusuf tidak langsung berdoakepada Allah, dan Allah juga kuasa jika langsung menyembuhkannya. Namunkesembuhan itu melalui proses ‘berkah’ sebagaimana diabadikan dalam al-Quran:
اذهبوابقميصي هذا فألقوه على وجه أبي يأت بصيرا
“Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, laluletakkanlah dia ke wajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali….” (Yusuf: 93)
Tampak jelas sekali bahwa Allah menjadikan kesembuhan itumelalui berkah baju gamis Nabi Yusuf.
Makam Nabi Yunus juga dijadikan tempat mencari berkahAllah:
عبدالرحمن بن عبد الله الحلحولي الحلبي  سافروأقام بمصر مدة . ثم سكن دمشق . وكان من كبار الصالحين والعباد وحلحول: قرية بها قبر يونس صلى الله عليهوسلم - فيما يُقال، وهي بين القدس والخليل. أقام بها سبع سنين، بنى بها مسجداً،وتعبّد فيه بين الفرنج، وسمعنا أنهم كانوا يتبرّكون به، ويعتقدون فيه (تاريخالإسلام للذهبي - ج 8 / ص 271)
“Desa Hulhul antara Quds dan Khalil ada makam Yunus As.Para penduduknya mencari berkah disana dan meyikini makamnya Nabi Yunus”(adz-Dzahabi, Tarikh al-Islam 8/271)

Mencari Berkah Di Masa HidupRasulullah Saw
  • Rambut Rasulullah
عَنْأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَتَى مِنًىفَأَتَى الْجَمْرَةَ فَرَمَاهَا ثُمَّ أَتَى مَنْزِلَهُ بِمِنًى وَنَحَرَ ثُمَّقَالَ لِلْحَلاَّقِ « خُذْ ». وَأَشَارَ إِلَى جَانِبِهِ الأَيْمَنِ ثُمَّالأَيْسَرِ ثُمَّ جَعَلَ يُعْطِيهِ النَّاسَ (رواه مسلم 3212)
“Rasulullah r menyuruh tukang pangkas rambutnya, untuk mencukur rambutbagian kanan dan kirinya, lalu rambut-rambut itu dibagi-bagikannya kepada parasahabat” (HR Muslim No 3212)
وعنجعفر بن عبد الله بن الحكم ان خالد بن الوليد فقد قلنسوة له يوم اليرموك فقالاطلبوها فلم يجدوها فقال اطلبوها فوجدوها فاذا هي قلنسوة خلقة فقال خالد اعتمررسول الله صلى الله عليه وسلم فحلق رأسه فابتدر الناس جوانب شعره فسبقتهم إلىناصيته فجعلتها في هذه القلنسوة فلم أشهد قتالا وهي معي الا رزقت النصر. رواهالطبراني وأبو يعلى بنحوه ورجالهما رجال الصحيح وجعفر سمع من جماعة من الصحابه فلاأدري سمع من خالد ام لا (مجمع الزوائد ومنبعالفوائد - ج 4 /ص 279)
Sahabat Khalid bin Walid t bertabaruk dengan rambut ubun-ubun Rasulullah r, ditaruh di dalam kopiahnya(songkok). Kholid berkata: Saya tidak pernah mendatangi perang dengan membawa songkok tersebut(yang berisi rambut Rasulullah), kecuali setiap peperangan saya selalu diberi kemenangan” (HR Thabrani dan Abu Ya’la, paraperawinya adalah perawi hadis sahih)
  • Air Ludah Rasulullah
قَالَفَوَاللَّهِ مَا تَنَخَّمَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - نُخَامَةًإِلاَّ وَقَعَتْ فِى كَفِّ رَجُلٍ مِنْهُمْ فَدَلَكَ بِهَا وَجْهَهُ وَجِلْدَهُ (رواهالبخارى 70 و 2731)
“Miswar dan Marwan berkata: Demi Allah Setiap Rasulullah r berdahak, pasti dahak beliau jatuh ke tangan salah seorangsahabat, lalu ia gosokkan ke wajah dan kulitnya. (HR BukhariNo 70 dan 2731)
عَنْعَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلىالله عليه وسلم- كَانَ يُؤْتَى بِالصِّبْيَانِ فَيُبَرِّكُ عَلَيْهِمْوَيُحَنِّكُهُمْ (رواه مسلم 688)
“Diriwayatkandari Aisyah bahwa bayi-bayi didatangkan kepada RAsulullah  Saw kemudian beliau mendoakan berkah danmemamah makanan kepada mereka” (HR Muslim No 688)
وعنملك بن حمزة بن أبي أسيد الساعدي الخزرجي عن أبيه عن جده أبي أسيد وله بئربالمدينة يقال لها بئر بضاعة قد بصق فيها النبي صلى الله عليه وسلم فهي يعشر بهاويتيمن بها. قلت ويأتي بتمامه في التفسير في سورة البقرة إن شاء الله. رواهالطبراني في الكبير ورجاله ثقات (مجمعالزوائد ومنبع الفوائد - ج 2 / ص 37)
“Para sahabat y bertabaruk dengan air sumur Budha’ah di Madinah, yang pernah diludahi oleh Nabi r “ (HR Thabrani, para perawinyaterpercaya)
(عن أَبِى مُوسَىوَبِلاَلٍ) ثُمَّ دَعَا بِقَدَحٍ فِيهِ مَاءٌ فَغَسَلَ يَدَيْهِ وَوَجْهَهُ فِيهِ، وَمَجَّ فِيهِ ، ثُمَّ قَالَ « اشْرَبَا مِنْهُ ، وَأَفْرِغَا عَلَىوُجُوهِكُمَا وَنُحُورِكُمَا ، وَأَبْشِرَا » . فَأَخَذَا الْقَدَحَ فَفَعَلاَ (رواهالبخارى 4328  ومسلم 6561)
“Rasulullah Saw menyuruh kepada Abu Musa dan Bilal untukmengambil tempat air, lalu beliau membasuh kedua tangan dan wajahnya danmemuntahkan air kumur ke wadah tersebut dan beliau bersabda: Minumlah olehkalian, siramkan ke wajah dan leher kalian, dan bersenanglah. Kemudian duasahabat itu melakukannya” (HR Bukhari 4328 - Muslim No 6561)
 وَالْغَرَض بِذَلِكَإِيجَاد الْبَرَكَة بِرِيقِهِ الْمُبَارَك (فتح الباري لابن حجر - ج 1 / ص 300)
al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Tujuan diatas karenaadanya berkah dari ludah Rasulullah yang mengandung berkah” (Fath al-Baari1/300)
  • Keringat Rasulullah Saw
عَنْأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ دَخَلَ عَلَيْنَا النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم-فَقَالَ عِنْدَنَا فَعَرِقَ وَجَاءَتْ أُمِّى بِقَارُورَةٍ فَجَعَلَتْ تَسْلُتُالْعَرَقَ فِيهَا فَاسْتَيْقَظَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « يَاأُمَّ سُلَيْمٍ مَا هَذَا الَّذِى تَصْنَعِينَ ». قَالَتْهَذَا عَرَقُكَ نَجْعَلُهُ فِى طِيبِنَا وَهُوَ مِنْ أَطْيَبِ الطِّيبِ (رواه مسلم6201)
Sahabat Ummu Sulaim mengambilkeringat Nabi r dan menaruhnya ke dalam botol, sebagai minyak wangi. Setelahditanya oleh Rasulullah, Ummu Sulaim menjawab: “Ini adalah keringatmu. Kamijadikan minyak wangi kami. Dan keringat itu adalah minyak yang paling harum”(Muslim No 6201)
  • Air Sisa wudlu Rasulullah
Hadis yang menjelaskan masalah ini sangat banyak sekali,diantaranya:
قَالَأَبَ جُحَيْفَةَ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم -بِالْهَاجِرَةِ ، فَأُتِىَ بِوَضُوءٍ فَتَوَضَّأَ ، فَجَعَلَ النَّاسُ يَأْخُذُونَمِنْ فَضْلِ وَضُوئِهِ (رواه البخارى 187  مسلم1151)
“Rasulullah mendatangi kami di Hajirah, kemudian beliaudisediakan air wudlu dan beliau berwudlu, kemudian para sahabat mengambil sisawudlu’ beliau” (HR Bukhari 187 dan Muslim 1151)
  • Tempat Minum Rasulullah Saw
عَنْ كَبْشَةَ الْأَنْصَارِيَّةِ أَنَّرَسُوْلَ اللهِ ﷺدَخَلَ عَلَيْهَا وَعِنْدَهَا قِرْبَةٌ مُعَلَّقَةٌ فَشَرِبَ مِنْهَا وَهُوَقَائِمٌ فَقَطَعَتْ فَمَ الْقِرْبَةِ تَبْتَغِيْ بَرَكَةَ مَوْضِعِ فِيْ رَسُوْلِاللهِ ﷺ )رواهابن ماجه والترمذي وقال حسن صحيح غريب(
“Dari Kabsyahal-Anshariyah bahwa Rasulullah edatang kepadanya dan di sebelahnya atau tempat air minum yang digantung,kemudian beliau meminum-nya dengan posisi berdiri. Kabsyah lalu memotong(bekas) tempat minum Rasulullah tersebut untuk mendapatkan berkah dari mulutRasulullah  e”.(HR. Ibnu Majah dan Turmudzi, ia berkata: Hadits ini Hasan Sahih Gharib)
  • Kain Kafan Dari Rasulullah
عَنْسَهْل بْن سَعْدٍ - رضى الله عنه - قَالَ جَاءَتِ امْرَأَةٌ بِبُرْدَةٍ - قَالَأَتَدْرُونَ مَا الْبُرْدَةُ فَقِيلَ لَهُ نَعَمْ ، هِىَ الشَّمْلَةُ ، مَنْسُوجٌفِى حَاشِيَتِهَا - قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إِنِّى نَسَجْتُ هَذِهِ بِيَدِىأَكْسُوكَهَا . فَأَخَذَهَا النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - مُحْتَاجًاإِلَيْهَا . فَخَرَجَ إِلَيْنَا وَإِنَّهَا إِزَارُهُ . فَقَالَ رَجُلٌ مِنَالْقَوْمِ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، اكْسُنِيهَا ، فَقَالَ « نَعَمْ » . فَجَلَسَالنَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - فِى الْمَجْلِسِ ، ثُمَّ رَجَعَ فَطَوَاهَا ،ثُمَّ أَرْسَلَ بِهَا إِلَيْهِ . فَقَالَ لَهُ الْقَوْمُ مَا أَحْسَنْتَ ،سَأَلْتَهَا إِيَّاهُ ، لَقَدْ عَلِمْتَ أَنَّهُ لاَ يَرُدُّ سَائِلاً . فَقَالَالرَّجُلُ وَاللَّهِ مَا سَأَلْتُهُ إِلاَّ لِتَكُونَ كَفَنِى يَوْمَ أَمُوتُ (رواهالبخارى 2093)
“RasulullahSaw diberi kain bergaris (burdah) oleh seorang wanita. namun kain tersebutdiminta oleh orang lain untuk dijadikan kafan bagi dirinya. Rasulullahmemberikannya” (HR Bukhari No 2093)
  • Jubah Rasulullah Saw
محمدبن جابر: سمعت أبي يذكر عن جدي أنه أول وفد وفد على رسول الله صلى الله عليه وسلممن بني حنيفة فوجدته يغسل رأسه فقال: اقعد يا أخا أهل اليمامة فاغسل رأسك ففعلتفغسلت رأسي بفضلة غسل رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم شهدت أن لا إله إلا اللهوأن محمداً عبده ورسوله ثم كتب لي كتاباً فقلت: يا رسول أعطني قطعةً من قميصكأستأنس بها فأعطاني قال محمد بن جابر: فحدثني أبي أنها كانت عندنا نغسلها للمريضيستشفي بها (الإصابةفي معرفة الصحابة للحافظ ابن حجر ج 1 / ص 482)
“Seorangsahabat meminta potongan dari jubah Rasulullah Saw, beliau memberinya. Muhammadbin Jabir berkata: Bapak saya menceritakan bahwa potongan jugah tersebut kamicuci untuk orang sakit, mengharap kesembuhan darinya” (al-Hafidz Ibnu Hajar,al-Ishabah 1/482)
  • Air Seni Rasulullah Saw
وعنحكيمة بنت أميمة عن أمها قالت كان للنبي صلى الله عليه وسلم قدح من عيدان يبول فيهويضعه تحت سريره فقام فطلبه فلم يجده فسأل فقال أين القدح قالوا شربته سرة خادم أمسلمة التي قدمت معها من أرض الحبشة فقال النبي صلى الله عليه وسلم لقد احتظرت منالنار بحظار. رواه الطبراني ورجاله رجال الصحيح غير عبد الله بن أحمد بن حنبلوحكيمة وكلاهما ثقة (مجمع الزوائد ومنبعالفوائد - ج 4 / ص 20)
“Barokah,pelayan Ummu Salamah (istri Nabi r), bertabaruk dengan menimun air seni Nabi r  yang akan menjadipelindungnya dari api neraka” (Diriwayatkan oleh Thabrani, paraperawinya sahih)

Mencari Berkah Setelah Rasulullah Saw Wafat
Dalam masalah ini Imam Bukhari membuat Bab Khusus daribenda-benda peninggalan Rasulullah yang dicari berkahnya oleh para Sahabat,bahkan para Khalifah yang mendapat jaminan masuk surga. Imam Bukhari mencantumkanbeberapa hadis terhitung dari No 3106 – 3112:
5 - باب مَا ذُكِرَ مِنْ دِرْعِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم -وَعَصَاهُ وَسَيْفِهِ وَقَدَحِهِ وَخَاتَمِهِ . وَمَا اسْتَعْمَلَ الْخُلَفَاءُبَعْدَهُ مِنْ ذَلِكَ مِمَّا لَمْ يُذْكَرْ قِسْمَتُهُ ، وَمِنْ شَعَرِهِوَنَعْلِهِ وَآنِيَتِهِ ، مِمَّا يَتَبَرَّكُ أَصْحَابُهُ وَغَيْرُهُمْ بَعْدَوَفَاتِهِ . (صحيح البخارى - ج 11/ ص 204)
“BAB YANG MENYEBUTKAN TENTANG BAJUPERANG NABI SAW, TONGKATNYA, PEDANGNYA, TEMPAT MINUMNYA DAN CINCINNYA, DAN YANGDIPAKAI OLEH PARA KHALIFAH SETELAH BELIAU, YANG TERDIRI DARI HAL-HAL YANG TIDAKDISEBUT PEMBAGIANNYA, JUGA TENTANG RAMBUT NABI, SANDALNYA DAN WADAH MAKANANNYA,YANG BERUPA BENDA-BENDA YANG DICARI BERKAHNYA OLEH PARA SAHABAT DAN LAINNYASETELAH WAFATNYA NABI” (Sahih Bukhari 11/204)
  • Asma’ Binti Abu Bakar dengan Jubah Nabi
َقَالَتْ (أَسْمَاءُ) هَذِهِكَانَتْ عِنْدَ عَائِشَةَ حَتَّى قُبِضَتْ فَلَمَّا قُبِضَتْ قَبَضْتُهَا وَكَانَالنَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- يَلْبَسُهَا فَنَحْنُ نَغْسِلُهَا لِلْمَرْضَىيُسْتَشْفَى بِهَا. (رواه مسلم 5530 والبخاري في كتابه المفرد في اِلأدب كان يلبسها للوفد وللجمعة)
Asma’ binti Abu Bakar berkata: Jubah ini (pada mulanya) dipegang oleh Aisyah sampai iawafat. Setelah wafat saya ambil jubah tersebut. Rasulullah e memakai jubah ini. Kami membasuhnyauntuk orang-orang yang sakit, kami mengharap kesembuhan melalui jubahtersebut”. (HR. Abu Dawuddan Muslim. Sedangkan riwayat al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad dijelaskanbahwa Rasulullah memakai jubah tersebut untuk menemui tamu dan salat Jumat)
  • Ummi Salamah dengan Rambut Nabi Saw
أَرْسَلَنِىأَهْلِى إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ بِقَدَحٍ مِنْ مَاءٍ - وَقَبَضَ إِسْرَائِيلُثَلاَثَ أَصَابِعَ - مِنْ فِضَّةٍ فِيهِ شَعَرٌ مِنْ شَعَرِ النَّبِىِّ - صلى اللهعليه وسلم - وَكَانَ إِذَا أَصَابَ الإِنْسَانَ عَيْنٌ أَوْ شَىْءٌ بَعَثَإِلَيْهَا مِخْضَبَهُ ، فَاطَّلَعْتُ فِى الْجُلْجُلِ فَرَأَيْتُ شَعَرَاتٍحُمْرًا (رواه البخارى 5896)
“UmmiSalamah memiliki rambut Rasulullah Saw. Jika orang yang terkena penyakit, makamendatang Ummi Salamah dengan membawa wadah (untuk mengobati). dan saya melihatdi dalamnya ada beberapa rambut merah” (HR Bukhari No 5896)
  • Muawiyah Dengan Jubah, Sarung, Serban dan Rambut Nabi Saw
وكانعنده قميص رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) وإزاره ورداؤه وشعره فأوصاهم عند موتهفقال كفنوني في قميصه وأدرجوني في ردائه وآزروني بإزاره واحشوا منخري وشدقي بشعرهوخلوا بيني وبين رحمة أرحم الراحمين كان حليما (تاريخ دمشق - ج 59 / ص 61)
“Mu’awiyahmemiliki gamis Rasulullah, sarungnya, serbannya dan rambutnya. Muawiyahberwasiat agar benda-benda ia dijadikan kain kafan baginya” (al-Hafidz IbnuAsakir, 56/61)
  • Muhammad bin Sirin Dengan Rambut Nabi Saw
عَنِابْنِ سِيرِينَ قَالَ قُلْتُ لِعَبِيدَةَ عِنْدَنَا مِنْ شَعَرِ النَّبِىِّ - صلىالله عليه وسلم - أَصَبْنَاهُ مِنْ قِبَلِ أَنَسٍ ، أَوْ مِنْ قِبَلِ أَهْلِأَنَسٍ فَقَالَ لأَنْ تَكُونَ عِنْدِى شَعَرَةٌ مِنْهُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَالدُّنْيَا وَمَا فِيهَا (رواه البخارى 170)
“Sayaberkata kepada Abidah bahwa kami memiliki rambut Rasulullah, kamimendapatkannya dari Anas atau keluarga Anas. ia berkata: Sungguh saya memiliki1 helai rambut Rasulullah lebih saya senangi daripada dunia dan isinya” (HRBukhari 170)
·       Umarbin Abd Aziz Dengan Tempat Minum Nabi Saw
عَنْسَهْلِ بْنِ سَعْدٍ - رضى الله عنه - قَالَ ذُكِرَ لِلنَّبِىِّ - صلى الله عليهوسلم - امْرَأَةٌ مِنَ الْعَرَبِ ، فَأَمَرَ أَبَا أُسَيْدٍ السَّاعِدِىَّ أَنْيُرْسِلَ إِلَيْهَا فَأَرْسَلَ إِلَيْهَا ، فَقَدِمَتْ فَنَزَلَتْ فِى أُجُمِبَنِى سَاعِدَةَ ، فَخَرَجَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - حَتَّى جَاءَهَافَدَخَلَ عَلَيْهَا فَإِذَا امْرَأَةٌ مُنَكِّسَةٌ رَأْسَهَا ، فَلَمَّاكَلَّمَهَا النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَتْ أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْكَ .فَقَالَ « قَدْ أَعَذْتُكِ مِنِّى » . فَقَالُوا لَهَا أَتَدْرِينَ مَنْ هَذَاقَالَتْ لاَ . قَالُوا هَذَا رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - جَاءَلِيَخْطُبَكِ . قَالَتْ كُنْتُ أَنَا أَشْقَى مِنْ ذَلِكَ . فَأَقْبَلَ النَّبِىُّ- صلى الله عليه وسلم - يَوْمَئِذٍ حَتَّى جَلَسَ فِى سَقِيفَةِ بَنِى سَاعِدَةَهُوَ وَأَصْحَابُهُ ، ثُمَّ قَالَ « اسْقِنَا يَا سَهْلُ » . فَخَرَجْتُ لَهُمْبِهَذَا الْقَدَحِ فَأَسْقَيْتُهُمْ فِيهِ ، فَأَخْرَجَ لَنَا سَهْلٌ ذَلِكَالْقَدَحَ فَشَرِبْنَا مِنْهُ . قَالَ ثُمَّ اسْتَوْهَبَهُ عُمَرُ بْنُ عَبْدِالْعَزِيزِ بَعْدَ ذَلِكَ فَوَهَبَهُ لَهُ (رواه البخارى 5637 مسلم5354  )
“Sahalbin Sa’d memiliki tempat minum yang pernah dipakai oleh Nabi. kemudian (masaberikutnya), tempat minum itu diminta oleh Umar bin Abdul Aziz dan iamemberikannya” (HR Bukhari 5637 dan Muslim 5354)
  • Asma’ binti Yazid Dengan Sisa Minuman Nabi Saw
عنأم عامر أسماء بنت يزيد بن السكن قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم فيمسجدنا المغرب فجئت منزلي فجئته بلحم وأرغفة فقلت: تعش فقال لأصحابه: " كلوا" فأكل هو وأصحابه الذين جاءوا ومن كان حاضراً من أهل الدار وإن القوملأربعون رجلاً والذي نفسي بيده لرأيت بعض العرق لم يتعرقه وعامة الخبز. قالت: وشربعندي في شجب فأخذته فدهنته وطويته فكنا نسقي فيه المرضى ونشرب منه في الحين رجاءالبركة. (الإصابة في معرفةالصحابة للحافظ ابن حجر - ج 4 / ص 104)
“Sisaminuman Rasulullah saya gunakan untuk membasahi rambut saya. Juga kami minumkankepada orang-orang sakit, dan kami meminumnya, untuk mengharap berkah” (al-HafidzIbnu Hajar, al-Ishabah 1/482)
  • Anas bin Malik Dengan Tongkat Kecil Nabi Saw
وكانتعنده عصية من رسول الله صلى الله عليه وسلم فأمر بها فدفنت معه. (البداية والنهاية -ج 9 / ص 109)
“Anasmemiliki tongkat kecil dari Rasulullah Saw, ia memerintahkan agar dikuburbersamanya” (al-Hafidz Ibnu Katsir, al-Bidayah wa an-Nihayah 9/109)
  • Imam Ahmad bin Hanbal Dengan Rambut Nabi Saw
 أعطي بعض ولد الفضل بن الربيعأبا عبد الله، وهو في الحبس ثلاث شعرات، فقال: هذه من شعر النبي، صلى الله عليهوسلم، فأوصى أبو عبد الله عند موته أن يجعل على كل عين شعرة، وشعرة على لسانه. ففعل ذلك به عند موته. (سير أعلام النبلاء - ج 11 / ص 337 صفة الصفوة: 2/357)
“ImamAhmad diberi 3 helai rambut saat di penjara, itu adalah rambut Rasulullah Saw.Imam Ahmad berwasiat agar ketika meninggal 2 rambut diletakkan di matanya, 1rambut lagi di mulutnya. maka wasiat itupun dilakukan ketiaka ia wafat”(al-Hafidz adz-Dzahabi dalam Siyar A’lam an-Nubalaa’ 11/337 dan al-Hafidz Ibnual-Jauzi dalam Shifat ash-Shafwah 2/357)
·       al-HafidzIbnu Hajar dan Istidlal Ngalap Berkah
وَفِيهِالتَّبَرُّك بِشَعْرِهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَوَاز اِقْتِنَائِهِ (فتحالباري لابن حجر - ج 1 / ص 278)
al-HafidzIbnu Hajar beristidlal dari hadis al-Bukhari No 166: “Hadis ini diperbolehkan mencariberkah dari rambut Rasulullah Saw, dan bolehnya mengoleksinya” (Fath al-Baarii 1/278)
وَفِيهِالتَّبَرُّك بِالْمَوَاضِعِ الَّتِي صَلَّى فِيهَا النَّبِيّ صَلَّى اللَّهعَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ وَطِئَهَا (فتح الباري لابن حجر ج 2 / ص 145)
al-HafidzIbnu Hajar beristidlal dari hadis al-Bukhari No 407: “Hadis ini diperbolehkan mencariberkah dengan tempat-tempat yang dilakukan salat olen Nabi Saw dan yang beliauinjak ” (Fath al-Baarii 2/145)
وَفِيهِالتَّبَرُّك بِآثَارِ الصَّالِحِينَ (فتح الباري لابن حجر - ج 4 / ص 318)
al-HafidzIbnu Hajar beristidlal dari hadis al-Bukhari No 1198: “Hadis ini diperbolehkanmencari berkah dengan peninggalan orang-orang shaleh” (Fath al-Baarii 4/318)
وَفِيهِالتَّبَرُّك بِطَعَامِ الْأَوْلِيَاء وَالصُّلَحَاء (فتح الباري لابن حجر - ج 10 /ص 386)
al-HafidzIbnu Hajar beristidlal dari hadis al-Bukhari No 3316: “Hadis ini diperbolehkanmencari berkah dengan makanan para wali dan orang-orang shaleh” (Fath al-Baarii10/386)

Mencari BerkahAllah dengan Berziarah
  • Makam Rasulullah Saw
سَأَلْتُهُ عَنِ الرَّجُلِ يَمُسُّمِنْبَرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَتَبَرَّكُ بِمَسِّهِوَيُقَبِّلُهُ وَيَفْعَلُ بِالْقَبْرِ مِثْلَ ذَلِكَ أَوْ نَحْوَ هَذَا يُرِيْدُبِذَلِكَ التَّقَرُّبَ إِلَى اللهِ جَلَّ وَعَزَّ فَقَالَ لاَ بَأْسَ بِذَلِكَ (العللومعرفة الرجال لاحمد بن حنبل 2 /492 رقم 3243)
"Saya (Abdullah bin Ahmad) bertanya kepada Imam Ahmadtentang seseorang yang memegang mimbar Nabi Saw, mencari berkah denganmemegangnya dan menciumnya. Ia jugamelakukannya dengan makam Rasulullah seperti diatas dan sebagainya. Ia lakukanitu untuk mendekatkan dir kepada Allah. Imam Ahmad menjawab: Tidakapa-apa" (Ahmad bin Hanbal al-'lal wa Ma'rifat al-Rijal 3243)
Imam Nawawi menjelaskan tatacara dan etika dalam berziarah dan bertawassuldi makam Rasulullah Saw:
ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى مَوْقِفِهِاْلاَوَّلِ قِبَالَةَ وَجْهِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَوَيَتَوَسَّلُ بِهِ فِي حَقِّ نَفْسِهِ وَيَسْتَشْفِعُ بِهِ إِلَى رَبِّهِسُبْحَانَهُ وَتَعَالَى وَمِنْ أَحْسَنِ مَا يَقُوْلُ مَا حَكَاهُ الْمَاوَرْدِيُّوَالْقَاضِي أَبُوْ الطَّيِّبِ وَسَائِرُ أَصْحَابِنَا عَنِ الْعُتْبِيّمُسْتَحْسِنِيْنَ لَهُ (المجموع شرح المهذب للامام النووي 8 / 274)
"Kemudian hendaknya peziarah kembali ke tempat semulaseraya menghadap kearah Rasulullah Saw, bertawassul kepada beliau untuk dirinyadan meminta syafaatnya kepada Allah. Dan diantara yang paling baik untuk dibacasaat ziarah adalah bacaan dari al-Utbi sebagaimana disampaikan oleh al-Mawardi,al-Qadi Abu al-Thayyib dan seluruh ulama Syafi'iyah, mereka semua menilainya baik"(Imam al-Nawawi dalam al-Majmu' VIII/274)
وَقَدْذَكَرَ جَمَاعَةٌ مِنْهُمُ الشَّيْخُ أَبُوْ نَصْرِ بْنِ الصَّبَّاغِ فِيكِتَابِهِ الشَّامِلِ الْحِكَايَةَ الْمَشْهُوْرَةَ عَنِ الْعُتْبِي قَالَ كُنْتُجَالِسًا عِنْدَ قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَاءَأَعْرَابِيٌّ فَقَالَ السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ سَمِعْتُ اللهَيَقُوْلُ { وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوْا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوْكَفَاسْتَغْفَرُوْا اللهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوْا اللهَتَوَّابًا رَحِيْمًا } وَقَدْ جِئْتُكَ مُسْتَغْفِرًا لِذَنْبِي مُسْتَشْفِعًابِكَ إِلَى رَبِّي ثُمَّ أَنْشَأَ يَقُوْلُ:
يَاخَيْرَ مَنْ دُفِنَتْ بِالْبقَاعِ أَعْظُمُهُ ... فَطَابَ مِنْ طِيْبِهِنَّالْقَاعُ وَاْلأَكَمُ
نَفْسِيالْفِدَاءُ لِقَبْرٍ أَنْتَ سَاكِنُهُ ... فِيْهِ الْعَفَافُ وَفِيْهِ الْجُوْدُوَالْكَرَمُ
ثُمَّانْصَرَفَ اْلأَعْرَابِيُّ فَغَلَبَتْنِي عَيْنِي فَرَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي النَّوْمِ فَقَالَ يَا عُتْبِى اِلْحَقِاْلأَعْرَابِيَّ فَبَشِّرْهُ أَنَّ اللهَ قَدْ غَفَرَ لَهُ(تفسير ابن كثير 2 /347 وتفسير الوسيط لمحمد الطنطاوي شيخ الازهر 3 / 201بصيغة الجزم والامام النووي في المجموع 8 / 217 والايضاح 498والامام ابن قدامة المقدسي في المغني 3 / 556 والشرح الكبير 3 / 497والشيخ منصور البهوتي في كشاف القناع على متن الاقناع 5 / 30)
"Golongan para ulama diantaranya Ibnu al-Shabbagh dalamkitab al-Syamil, menyebutkan kisah yang masyhur dari 'Utbi. Ia berkata: Sayaduduk di samping makam Rasulullah Saw, kemudian datang seorang A'rabi danberkata: Salam sejahtera atasmu wahai Rasulullah. Saya mendengar bahwa Allahberfirman: ""Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinyadatang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampununtuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima taubat lagi MahaPenyayang (al-Nisa': 64). Saya datang kepadamu dengan memohon ampun karenadosaku dan memohon pertolongan kepada Tuhanku. Kemudian ia mengucapkan syair:
"Wahai sebaik-baik orang yang jasadnya disemayamkandi tanah ini
Sehinggasemerbaklah tanah dan bukit karena jasadmu
Jiwaku sebagaipenebus bagi tanah tempat persemayamanmu
Disana terdapatkesucian, kemurahan dan kemulian"
Lalu A'rabi itu pergi. Kemudian saya tertidur dan bermimpi bertemuRasulullah Saw dan beliau berkata: Wahai 'Utbi, kejarlah si A'rabi tadi,sampaikan kabar gembira kepadanya, bahwa Allah telah mengampuni dosanya"(Tafsir Ibnu Katsir II/347, Tafsir al-Wasith karya Guru Besar al-Azhar,Muhammad al-Thanthawi III/291, al-Majmu' VIII/217 dan al-Idlah498 karya Imam al-Nawawi, al-Mughni III/556 dan al-Syar al-KabirIII/497 karya Ibnu Qudamah al-Hanbali dan Kisyaf al-Qunna' V/30 karyaal-Bahuti)
عَنْعَلِيٍّ قَالَ قَدِمَ عَلَيْنَا أَعْرَابِيٌّ بَعْدَ مَا دَفَنَّا رَسُوْلَ اللهِصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلاَثَةِ أَيَّامٍ فَرَمَى بِنَفْسِهِ عَلَىقَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَحَثَا عَلَى رَأْسِهِمِنْ تُرَابِهِ فَقَالَ قُلْتَ يَا رَسُوْلَ اللهِ فَسَمِعْنَا قَوْلَكَوَوَعَيْتَ عَنِ اللهِ فَوَعَيْنَا عَنْكَ وَكَانَ فِيْمَا أَنْزَلَ اللهُعَلَيْكَ (وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوْا أَنْفُسَهُمْ) اْلآيَةَ وَقَدْظَلَمْتُ نَفْسِي وَجِئْتُكَ تَسْتَغْفِرُ لِي فَنُوْدِيَ مِنَ الْقَبْرِ أَنَّهُقَدْ غُفِرَ لَكَ (تفسير القرطبي 5 / 265والبحر المحيط لابي حيان الاندلسي 3 / 694 وخلاصة الوفا بأخبار دار المصطفى لعلي بنعبد الله السمهودي 1 /45 وسبل الهدى والرشاد لصالحي الشامي 12 / 390)
"Dari Ali, ia berkata: SeorangA'rabi datang kepada kami setelah 3 hari kami menguburkan Rasulullah Saw.Kemudian ia menjatuhkan dirinya ke makam Rasulullah Saw dan menaburkan debu kekepalanya sambil berkata: Engkau berkata wahai Rasullah lalu kami mendengarperkataanmu. Engkau menerima ajaran dari Allah, dan kami menerima darimu, dandiantara yang diturunkan Allah kepadamu adalah: "Sesungguhnya jikalaumereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepadaAllah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapatiAllah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang (al-Nisa': 64). Sungguh sayatelah menganiaya diri sendiri dan saya datang kepadamu agar engkau mohonkanampunan bagiku. Lalu laki-laki A'rabi itu dijawab dari dalam makam Rasullah Sawbahwa: Kamu telah diampuni" (Tafsir al-Qurthubi V/250, al-Bahral-Muhith III/694 karya Abu Hayyan, Khulashat al-Wafa I/45 karyaal-Sumhudi dan Subul al-Huda wa al-Rasyad XII/390 karya Shalihi al-Syami)

قَالَابْنُ الْمُقْرِئِ كُنْتُ أَنَا وَالطَّبَرَانِيُّ وَأَبُوْ الشَّيْخِبِالْمَدِيْنَةِ فَضَاقَ بِنَا الوَقْتُ فَوَاصَلْنَا ذَلِكَ اليَوْمَ فَلَمَّاكَانَ وَقتُ العِشَاءِ حَضَرْتُ الْقَبْرَ وَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ الْجُوْعَفَقَالَ لِي الطَّبْرَانِيُّ اِجْلِسْ فَإِمَّا أَنْ يَكُوْنَ الرِّزْقُ أَوِالْمَوْتُ فَقُمْتُ أَنَا وَأَبُوْ الشَّيْخِ فَحَضَرَ اْلبَابَ عَلَوِيٌّفَفَتَحْنَا لَهُ فَإِذَا مَعَهُ غُلاَمَانِ بِقَفَّتَيْنِ فِيْهِمَا شَيْءٌكَثِيْرٌ وَقَالَ اَشَكَوْتُمْ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ رَأَيْتُهُ فِي النَّوْمِ فَأَمَرَنِي بِحَمْلِ شَيْءٍ إِلَيْكُمْ (الحافظالذهبي في تذكرة الحفاظ 3 /121 وفي سير أعلام النبلاء 31 / 473 والحافظ ابن الجوزي في الوفا بأحوالالمصطفى 818)
"Ibnu al-Muqri berkata: Sayaberada di Madinah bersama al-Hafidz al-Thabrani dan al-Hafidz Abu al-Syaikh. Waktu kami sangat sempit hingga kami tidak makan seharisemalam. Setelah waktu Isya' tiba, saya mendatangi makam Rasulullah, lalu sayaberkata: Ya Rasulallah, kami lapar. Al-Thabrani berkata kepada saya: Duduklah,kita tunggu datangnya rezeki atau kematian. Saya dan Abu al-Syaikh berdiri,tiba-tiba datang laki-laki Alawi (keturunan Rasulullah Saw) di depan pintu,lalu kami membukakan pintu. Ternyata ia membawa dua orang budaknya yang membawadua keranjang penuh dengan makanan. Alawi itu berkata: Apakah kalian mengadukepada Rasulullah Saw? Saya bermimpi Rasulullah dan menyuruhku membawa makananuntuk kalian" (Diriwayatkan oleh al-Hafidz al-Dzahabi dalam Tadzkirahal-Huffadz III/121 dan Siyar A'lam al-Nubala' XXXI/473, dan olehIbnu al-Jauzi dalam al-Wafa' bi Ahwal al-Musthafa 818)

قَالَأَبُوْ الْخَيْرِ اْلأَقْطَعُ دَخَلْتُ مَدِيْنَةَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا بِفَاقَةٍ فَأَقَمْتُ خَمْسَةَ اَيَّامٍ مَا ذُقْتُذَوَاقًا فَتَقَدَّمْتُ إِلَى الْقَبْرِ وَسَلَّمْتُ عَلَى النَّبِي صَلَّى اللهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَاوَقُلْتُ أَنَا ضَيْفُكَ اللَّيْلَةَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَتَنَحَّيْتُ وَنُمْتُخَلْفَ الْمِنْبَرِ فَرَأَيْتُ فِي الْمَنَامِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ وَأَبُوْ بَكْرٍ عَنْ يَمِيْنِهِ وَعُمَرُ عَنْ شِمَالِهِ وَعَلِيُّبْنُ أَبِي طَالِبٍ بَيْنَ يَدَيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ فَحَرَّكَنِي عَلِيٌّوَقَالَ قُمْ قَدْ جَاءَ رَسُوْلُ اللهِ قَالَ فَقُمْتُ إِلَيْهِ وَقَبَّلْتُبَيْنَ عَيْنَيْهِ فَدَفَعَ إِلَيَّ رَغِيْفًا فَأَكَلْتُ نِصْفَهُ وَانْتَبَهْتُفَإِذًا فِي يَدِيَّ نِصْفُ رَغِيْفٍ (الحافظ الذهبي في تاريخالاسلام 2632والحافظ ابن الجوزي في صفة الصفوة 4 / 284 والحافظ السلمي طبقات الصوفية 1 /281 والحافظ ابن عساكر في تاريخ دمشق 66 / 161)
"Abu al-Khairal-Aqtha' berkata: Saya datang ke kota (Madinah) Rasulullah Saw dalam keadaanlapar dan saya menetap selama lima hari. Lalu saya datang ke makam RasulullahSaw, saya mengucap salam pada Nabi Saw, Abu Bakar dan Umar, dan saya berkata:Wahai Rasulullah, Saya bertamu kepadamu malam ini. Lalu saya agak menjauh dantidur di belakang mimbar. Maka saya bermimpi melihat Rasulullah Saw, Abu Bakarberada di sebelah kanan beliau, Umar di sebelah kiri beliau dan Ali berada didepan. Lalu Ali membangunkan saya dan berkata: Bangun, Rasulullah telah datang.Saya bangun dan mencium beliau. Beliau memberi roti pada saya dan saya makanseparuhnya. Saya pun terbangun, ternyata di tangan saya ada separuh rotitadi" (al-Hafidz al-Dzahabi dalam Tarikh al-Islam 2632, Ibnu al-Jauzidalam Shifat al-Shafwah IV/284, al-Hafidz al-Sulami dalam Thabaqatal-Shufiyah I/281 dan Ibnu 'Asakir dalam Tarikh Dimasyqi 66/161)
قَالَأَبُوْ الْعَبَّاسِ بْنِ نَفِيْسِ الْمُقْرِي الضَّرِيْرُ جُعْتُ بِالْمَدِيْنَةِثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَجِئْتُ إِلَى الْقَبْرِ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ جُعْتُثُمَّ بِتُّ ضَعِيْفًا فَرَكَضَتْنِي جَارِيَّةٌ بِرِجْلِهَا فَقُمْتُ مَعَهَاإِلَى دَارِهَا فَقَدَّمَتْ إِلَيَّ خُبْزَ بُرٍّ وَتَمْرًا وَسَمْنًا وَقَالَتْكُلْ يَا أَبَا الْعَبَّاسِ فَقَدْ أَمَرَنِي بِهَذَا جَدِّي صَلَّى اللهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَتَى جُعْتَ فَأْتِ إِلَيْنَا وَالْوَقَائِعُ فِي هَذَاالْمَعْنَى كَثِيْرَةٌ جِدًّا (خلاصة الوفا بأخبار دار المصطفى لعلي السمهودي 1 /49)
  • Makam Para Ulama dan Auliya'
-         MakamImam Abu Hanifah
عَنْعَلِيِّ بْنِ مَيْمُوْنٍ قَالَ سَمِعْتُ الشَّافِعِيَّ يَقُوْلُ اِنِّيَلأَتَبَرَّكُ بِأَبِي حَنِيْفَةَ وَأَجِيْءُ إِلَى قَبْرِهِ فِي كُلِّ يَوْمٍيَعْنِي زَائِرًا فَإِذَا عُرِضَتْ لِي حَاجَةٌ صَلَّيْتُ رَكْعَتَيْنِ وَجِئْتُإِلَى قَبْرِهِ وَسَأَلْتُ اللهَ تَعَالَى الْحَاجَةَ عِنْدَهَ فَمَا تَبْعُدُعَنِّي حَتَّى تُقْضَى (الحافظ الخطيب البغدادي في تاريخ بغداد 1 / 123 وعبدالقادر ابن ابي الوفا في طبقات الحنفية 2 / 519)
"Dari Ali bin Maimun, iaberkata: Saya mendengar Syafi'i berkata bahwa: Saya mencari berkah denganmendatangi makam Abu Hanifah setiap hari. Jika saya memiliki hajat maka saya salat dua rakaat dansaya mendatangi makam Abu Hanifah. Saya meminta kepada Allah di dekat makam AbuHanifah. Tidak lama kemudian hajat saya dikabulkan" (al-Hafidz Khatibal-Baghdadi dalam Tarikh Baghdad I/123 dan Ibnu Abi Wafa dalam Thabaqatal-Hanafiyah II/519)

-         MakamYahya bin Yahya
قَالَالْحَاكِمُ سَمِعْتُ أَبَا عَلِيِّ النَّيْسَابُوْرِي يَقُوْلُ كُنْتُ فِي غَمٍّشَدِيْدٍ فَرَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ فِي الْمَنَامِكَأَنَّهُ يَقُوْلُ لِي صِرْ إِلَى قَبْرِ يَحْيَى بْنِ يَحْيَى وَاسْتَغْفِرْوَسَلْ تُقْضَ حَاجَتُكَ فَاَصْبَحْتُ فَفَعَلْتُ ذَلِكَ فَقُضِيَتْ حَاجَتِي (الحافظابن حجر في تهذيب التهذيب 11 /261 والحافظ الذهبي في تاريخ الاسلام 1756)
"al-Hakim berkata: Saya mendengar Abu Ali al-Naisaburiberkata bahwa saya berada dalam kesulitan yang sangat berat, kemudian sayabermimpi melihat Rasulullah Saw seolah beliau berkata kepada saya: Pergilah kemakam Yahya bin Yahya, mintalah ampunan dan berdolah kepada Allah, maka hajatmuakan dikabulkan. Pagi harinya saya melakukannya dan hajat saya dikabulkan"(al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Tahdzib al-Tahdzib XI/261 dan al-Hafidzal-Dzhabi dalam Tarikh al-Islam 1756)

-         Makam Ma'ruf al-Kurkhi
عَنْإِبْرَاهِيْمَ الْحَرَبِي قَالَ قَبْرُ مَعْرُوْفٍ التِّرْيَاقُ الْمُجَرَّبُيُرِيْدُ إِجَابَةَ دُعَاءِ الْمُضْطَّرِّ عِنْدَهُ ِلاَنَّ الْبِقَاعَالْمُبَارَكَةَ يُسْتَجَابُ عِنْدَهَا الدُّعَاءُ كَمَا أَنَّ الدُّعَاءَ فِيالْسَحَرِ مَرْجُوٌّ وَدُبُرِ الْمَكْتُوْبَاتِ وَفِي الْمَسَاجِدِ بَلْ دُعَاءُ الْمُضْطَّرِّمُجَابٌ فِي أَيِّ مَكَانٍ (سير أعلام النبلاء للإمام الذهبي 9 / 343وتاريخ الإسلام 13 /404 وصفة الصفوة لابي الفرج ابن الجوزي 2 / 324)
"Diriwayatkan dari Ibrahim al-Harabi, ia berkata: MakamMa'ruf al-Kurkhi adalah laksana obat yang mujarab. Yang ia maksud terkabulnyadoa orang yang membutuhkan di dekat makam tersebut. Sebab tempat-tempat yangdiberkati diharapkan doanya terkabulkan, sebagaimana doa saat waktu sahur dansetelah salat lima waktu dan di masjid. Bahkan doa orang yang membutuhkan dikabulkandi tempat manapun" (al-Hafidz al-Dzahabi dalam Siyar A'lam al-Nubala'IX/343 dan Tarikh al-Islam XIII/404, dan Ibnu al-Jauzi dalam Shifatal-Shafwah II/324)

وَأَهْلُبَغْدَادَ يَسْتَسْقُوْنَ بِه (اَيْ مَعْرُوْفٍ الْكُرْخِي) وَيَقُوْلُوْنَقَبْرُهُ تِرْيَاقٌ مُجَرَّبٌ! قَالَ أَبُوْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الزُّهْرِيقَبْرُهُ مَعْرُوْفٌ لِقَضَاءِ الْحَوَائِجِ يُقَالُ أَنَّهُ مَنْ قَرَأَ عِنْدَهُمِائَةَ مَرَّةٍ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ وَسَأَلَ اللهَ مَا يُرِيْدُ قَضَىحَاجَتَهُ وَمِثْلُ هَذَا يُذْكَرُ عَنْ قَبْرِ أَشْهَبَ وَابْنِ الْقَاسِمِصَاحِبَيِ اْلإِمَامِ مَالِكٍ وَهُمَا مَدْفُوْنَانِ فِي مَشْهَدٍ وَاحِدٍبِقَرَافَةَ مِصْرَ يُقَالُ أَنَّ زَائِرَهُمَا إِذَا وَقَفَ بَيْنَ الْقَبْرَيْنِمُسْتَقْبِلاَ الْقِبْلَةِ وَدَعَا اسْتُجِيْبَ لَهُ وَقَدْ جُرِّبَ ذَلِكَ وَقَدْزُرْتُهُمَا وَقَرَأْتُ عِنْدَهُمَا مِائَةَ مَرَّةٍ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌوَدَعَوْتُ اللهَ ِلأَمْرٍ نَزَلَ بِي أَرْجُوْ زَوَالَهُ فَزَالَ(طبقات الأولياء لابن الملقن الشافعي 1 / 47 ووفيات الأعيان لأبي العباس شمس الدين بنخلكان 5 /232)
"Penduduk Baghdad meminta hujan kepada Allah denganpelantara Ma'ruf al-Kurkhi, dan mereka berkata: Makam Ma'ruf adalah obat yangmujarab. Abdurrahman al-Zuhri berkata: Makamnya dikenal untuk terkabulnyakebutuhan. Dikatakan bahwa barangsiapa membaca al-Ikhlas 100 kali di dekatmakam Ma'ruf al-Kurkhi dan meminta kepada Allah, maka Allah mengabulkannya.Begitu pula di makam Asyhab dan Ibnu Qasim, murid Imam Malik. Keduanyadimakamkan di satu tempat di Qarafah Mesir. Konon peziarahnya jika dating kedua makam tersebut dengan menghadap kiblat dan berdoa kepada Allah, maka akandikabulkan dan sudah terbukti mujarab. Saya sudah menziarahinya dan membacaal-Ikhlas 100 kali di dekatnya, saya berdoa kepada Allah dengan harapan sesuatuyang menimpa saya hilang, dan ternyata hilang" (Ibnu al-Mulaqqin dalam Thabaqatal-Auliya' I/47 dan Ibnu Khalkan dalamWafiyat al-A'yan V/232)

-         Makam Musa bin Ja'far al-Kadhim
عَنْعَلِيِّ الْخَلاَّلِ يَقُوْلُ مَا هَمَّنِي أَمْرٌ فَقَصَدْتُ قَبْرَ مُوْسَى بْنِجَعْفَرٍ فَتَوَسَّلْتُ بِهِ اِلاَّ سَهَّلَ اللهُ تَعَالَى لِي مَا أُحِبُّ(تاريخ بغداد للحافظ الخطيب البغدادي 1 / 120)
"Diriwayatkan dari Ali al-Khallal (pemuka Madzhab Hanbali),ia berkata: Saya tidak pernah mengalami masalah lalu saya datang ke makam Musabin Ja'far dan bertawassul dengannya, kecuali Allah memudahkan kepada sayahal-hal yang saya inginkan" (al-Hafidz Khatib al-Baghdadi dalam TarikhBaghdad I/120)

-         MakamAli bin Musa al-Ridla
عَنْأَبِي بَكْرٍ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُؤَمَّلِ بْنِ الْحَسَنِ بْنِ عِيْسَى يَقُوْلُخَرَجْنَا مَعَ اِمَامِ أَهْلِ الْحَدِيْثِ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ خُزَيْمَةَوَعَدِيْلِهِ أَبِي عَلِي الثَّقَفِيّ مَعَ جَمَاعَةٍ مِنْ مَشَائِخِنَا وَهُمْإِذْ ذَاكَ مُتَوَافِرُوْنَ إِلَى زِيَارَةِ قَبْرِ عَلِيِّ بْنِ مُوْسَى الرِّضَىبِطُوْسٍ قَالَ فَرَأَيْتُ مِنْ تَعْظِيْمِهِ يَعْنِى ابْنَ خُزَيْمَةَ لِتِلْكَالْبُقْعَةَ وَتَوَاضُعِهِ لَهَا وَتَضَرُّعِهِ عِنْدَهَا مَا تَحَيَّرْنَا(تهذيب التهذيب للحافظ ابن حجر 7 /339)
"Abu Bakar bin Muammal berkata: Kami berangkat bersamapemuka ahli hadis Abu Bakar bin Khuzaimah dan rekannya, Abu Ali al-Tsaqafi,beserta rombongan guru kami untuk berziarah ke makam Ali bin Musa al-Ridla diThus. Abu Bakar bin Muammal berkata: Saya melihat ke-ta'dzim-an belia (IbnuKhuzaimah) terhadap makam itu dan sikap tawadlu' terhadapnya dan doa beliau yangbegitu khusyu', sampai membuat kami bingung" (al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Tahdzibal-Tahdzib VII/339)

Imam Syafii Meminum Air Cucian JubahImam Ahmad
مختصرتاريخ دمشق لابن منظور- (ج 1 / ص 400) مرآة الجنان وعبرة اليقظان في معرفة حوادث الزمانلليافعي - (ج 1 / ص 265)
قال الربيع:إن الشافعي خرج إلى مصر وأنا معه فقال لي: يا ربيع، خذ كتابي هذا وامض به، وسلمه إلىأبي عبد الله أحمد بن حنبل، وائتني بالجواب. قال الربيع: فدخلت بغداد، ومعي الكتاب،فلقيت أحمد بن حنبل صلاة الصبح، فصليت معه الفجر. فلما انفتل من المحراب سلمت إليهالكتاب وقلت له: هذا كتاب أخيك الشافعي من مصر، فقال أحمد: نظرت فيه؟ قلت: لا، فكسرأبو عبد الله الختم، وقرأ الكتاب، فتغرغرت عيناه بالدموع فقلت: إيش فيه يا أبا عبدالله؟! قال: يذكر أنه رأى النبي صلى الله عليه وسلم في النوم فقال له: اكتب إلى أبيعبد الله أحمد بن حنبل واقرأ عليه مني السلام وقل: إنك ستمتحن وتدعى إلى خلق القرآنفلا تجبهم، فسيرفع الله لك علماً إلى يوم القيامة. قال الربيع: فقلت: البشارة، فخلعأحد قميصيه الذي يلي جلده ودفعه إلي فأخذته، وخرجت إلى مصر، وأخذت جواب الكتاب، فسلمتهإلى الشافعي، فقال لي الشافعي: يا ربيع، إيش الذي دفع إليك؟ قلت: القميص الذي يلي جلده.قال الشافعي: ليس نفجعك به ولكن بله وادفع إلي الماء لأتبرك به. وفي رواية: حتى أشرككفيه.
Ibnu Jawzi menuturkan sebuah kisah: “bahwa pada suatau malam, Imam Syafi’I bermimpi bertemu Rasulullah saw. dan memerintahnya agar menyampaikan salam beliau kepada Imam Ahmad ibn Hanbal. Kesokan harinya, Imam Syafi’I memerintahkan Rabî’- murid beliau- agar membawakan surat menemui Imam Ahmad ibn Hanbal. Rabî’ bergegas pergi menuju kota Baghdad dan menyerahkan surat tersebut, setelah membacanya, Ahmad meneteskan air mata. Rabi’ bertanya kepadanya, ‘Ada apa di dalamnya wahai Abu Abdillah?’ Ahmad menjawab ‘Beliau menyebut bahwa beliau melihat nabi dalam mimpi dan berkata kepadanya, ’Tulislah surat kepada Abu Abdillah Ahmad ibn Hanbal dan sampaikan salamku kepadanya! Dan katakan, ‘Engkau akan diuji dan dipaksa mengatakan bahwa Alquran itu makhluq, maka jangan engka turuti permintaan mereka, Allah akan meninggikan derajatmu sebagai panutan di setiap masa hingga hari kiamat. Rabi berkata, “Aku berkata, ‘Ini kabar gembira.’ Lalu Ahmad melepas baju dalamnya yang menyentuh badannya dan menyerahkannya kepadaku, aku mengambilnyadan akupun pulang menuju negeri Mesirbersama surat jawaban Ahmad. Setelah akuserahkan kepadanya, ia bertanya, ‘Apayang ia berikan kepadamu?’ Aku menjawab,‘baju gamis yang langsung menyentuhbadannya’ Syafi’I berkata kepadaku, ‘Akutidak ingin merampasnya darimu, tapibasahi dia dan serahkan kepadaku sisa aircuciannya agar aku juga dapat mendapatberkah sepertimu. Maka, kata rabi’, ‘Akumencucuinya, dan aku bawakan sisa air cuciannya kepadanya aku telakkan di botol, aku menyaksikan beliau setiap hari mengambil sedikit air darinya dan mengusapkannya ke wajah beliau, untuk mengambil keberkahan dari Ahmad ibn Hanbal. (“ManaqibAhmad ibn Hanbal”: 455 dan “Al Bidayah waan Nihayah”; Ibnu Katsir,10/331 dari alBaihaqi).

Tambahan :

Sekarang hal ini banyak di selewengkan orang-orang. Tabarruk di selewengkan artinya menjadi meminta berkah. Ini adalah penyelewengan sunnah.